caption

Guideline Perjalanan ke Tainan City (NCKU)

Assalamualaikum, teman-teman sekalian…

Saya ucapkan selamat atas diterimanya sebagai mahasiswa baru di Taiwan periode Fall 2018-2019, semoga perjalanan kawan-kawan sekalian nyaman dan lancar. Bagaimana persiapan berkas teman-teman? Tentunya untuk masalah berkas-berkas ijazah sudah siap semua-kan, jangan lupa untuk difotokopi masing-masing lima lembar untuk berjaga-jaga memenuhi persyaratan administrasi di kampus. Sebagai contohnya:

  1. Ijazah Asli+Inggris+cap TETO+Transkrip (copy 5 lembar)
  2. Passport + Visa-yang sudah dicap di Bandara (copy 5 lembar)
  3. Foto background putih dengan ukuran [2 inc x 2 inc] (5 lembar) — ini yang paling penting.

Untuk lebih detailnya bisa langsung di cek di website kampus masing-masing. Disini, Saya lebih membahas pada perjalanan menuju kampus yang ada di wilayah Tainan, khususnya kampus National Cheng-Kung University (NCKU). Untuk menuju ke kota Tainan, pertama dilihat dulu dari mana kawan-kawan mendaratnya. Disini ada dua pilihan, yaitu di Taoyuan Airport yang terletak di wilayah utara Taiwan (Taoyuan City) dan yang kedua yang terletak diwilayah selatan Taiwan yang dikenal Kaohsiung Airport (Kaohsiung City). Disini, akan saya jelaskan rute menuju Kota Tainan dari kedua arah ini.

1. Taoyuan City (Taoyuan Airport) ke Tainan City

Setibanya di Taoyuan Airport, seperti biasa temen-temen perlu antri untuk mendapatkan stample kedatangan di Taiwan. Dari arah ini, saya asumsikan bahwa pendaratan temen-temen yaitu berada di Terminal-1, jika mendarat di Terminal-2, bisa langsung jalan kaki atau dengan menggunakan MRT/Bus, sebenernya tidak terlalu jauh kok.

Jika sudah sampai di depan Terminal-1, ambil eskalator menuju ke lantai-1. Bisa mampir ke Hi-Life cafe untuk beristirahat sejenak dan jajan untuk mengisi perut yang lapar. Tapi perlu hati-hati, karena makanan berlabel Halal di Taiwan masih sangat sulit untuk ditemukan. Paling amannya, bisa beli Roti atau Onigiri Ikan (Nasi berbentuk segitiga) dengan simbol mandarinnya seperti ini ( 魚 = ikan ), saya harap tulisannya jelas. hhehe. Atau jika ada yang sudah familiar dengan huruf mandarin, bisa diseleksi apakah kandungannya aman atau tidak.convenience-store-taoyuan-airport

Family-mart convenience store

Disamping itu, didekat convenience store juga ada Toilet yang sejajar dengan loket untuk pembelian tiket Bus. Bagi Muslim, karena di pintu keluar bandara ini tidak ada mushola, maka bisa sholat di pinggiran area yang sepi. Tidak apa-apa, jika ada petugas bandara yang lewat akan dimaklumi.

Jika sudah siap, Langsung saja menuju antrean ke tiket U-Bus untuk memesan tiket ke Tainan Station (台南站). Bisa menggunakan bahasa Inggris, tenang~ :D. Dan harga tiketnya sekitar 480 NT kurang lebih. Bus ke arah Tainan ini tidak langsung, perlu ada transfer di Kota Taoyuan. Jadi, jika petugas menyuruh turun di suatu tempat, ikuti saja. Kemudian untuk transfer ke Bus selanjutnya, hanya perlu untuk menunjukkan Tiket yang telah dibeli. Jika sudah berada dalam Bus kedua, silahkan menikmati pemandangan karena perjalanan akan memakan waktu sekitar 4,5 jam.

counters-selling-bus-tickets-terminal-1-taiwan-taoyuan-international-airport-1024x556@2xLokasi pembelian tiket Bus

i_m01

Antrian untuk pemberangkatan Bus

2. Kaohsiung City (Kaohsiung Airport) ke Tainan City

Jika temen-temen mendarat di Bandara Kaohsiung, ini akan lebih mudah. Perjalanan dari Kahosiung ke Tainan hanya sekitar 2 jam. Setibanya di Bandara, seperti biasa, bisa melakukan antri untuk mendapatkan stample kedatangan di Taiwan. Disini juga ada Family mart untuk beristirahat sejenak dan makan. Jangan lupa, teknik untuk mencari makanan yang Halal ada di atas (poin pertama). Kaohsiung Airport ini terhubung langsung dengan MRT, jadi perlu keluar pintu bandara ke arah kiri untuk menuju kesana.

 

messageImage_1531364228499

Lokasi Family Mart

messageImage_1531364359643

messageImage_1531364365694

Lokasi MRT

Sebelum menuju MRT, alangkah baiknya untuk menukar uang 10 NT sebanyak 7 buah di Family mart. Karena uang koin ini akan diperlukan untuk membeli tiket MRT ke arah Kaohsiung Main Station (KMS).

Setelah sampai di KMS, langsung cari ke arah Exit karena Stasiun kereta KMS antar kota letaknya bersebelahan dengan MRT. Tiket dari Kaohsiung Station ke Tainan Station kurang lebih sekitar 120 NT. Jika sudah sampai di Tainan, saya ucapkan kembali kata selamat karena kampus NCKU hanya berada diseberang jalan keluar stasiun melalui gerbang belakang.

Ringkasnya:

  1. Kaohsiung Airport (MRT) ke KMS
  2. KMS ke Tainan Station (Gerbang belakang)

 

Ditulis oleh: Garda Muhammad

Jurusan: Department of Geomatics – NCKU