DSC_0546 (Copy)

Indonesian Culture Day 2015

Hi Admin here =)

Anggota PPI-Tainan telah berhasil menyelenggarakan acara ICD 2015 dengan lancar dan meriah, walaupun ada kesalahan or kekurangan dari pihak panitia.

Jujur, Panitia cukup takjub dan terappresiasi terhdap responses yang diberikan oleh teman-teman baik yang berasal dari Indonesia or International student yang telah berpartisipasi atau hadir didalam acara ini.

Well, it’s better to start discussing about the event.

ICD 2015 mengangkat cerita Ande-Ande Lumut (cerita rakyat) yang berasal dari Jawa Timur, sebenarnya penulis naskah cerita sempat kesulitan mengambil keputusan source cerita sebagai reference, dikarenakan banyaknya sumber cerita. Well, finally the decision has been made. Ande-Ande Lumut versi PPI-Tainan adalah sebagai berikut.

Cerita dimulai dengan kegelisahan sang raja dari kerajaan Kediri yang disebabkan oleh Putra Mahkota yang belum memiliki calon istri walaupun beliau telah memasuki usia senja. Ande-Ande Lumut tidak ingin sembarangan memilih calon istri, ia takut sang istri memiliki kepribadian tamak harta. So, ia ingin mencarinya diluar lingkungan istana, yang mana tidak ada yang mengetahui jati dirinya. Karena nya Sang Raja memberi tenggat waktu 6 bulan bagi sang putra mahkota untuk berkelana diluar kerajaan mencari calon pasangan hidupnya.

Disebuah desa kecil, tinggallah Klenting kuning bersama saudari-saudari dan ibu tirinya. Klenting Kuning adalah sosok gadis manis dan baik hati. Namun, sayang Ibu dan saudari tiri nya tidak memperlakukannya dengan baik. Suatu hari sang Ibu tiri menyuruh Klenting Kuning untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar. Ande-Ande Lumut yang kebetulan lewat menolong Klenting Kuning, itulah saat pertama mereka bertemu.

Mendengar adanya sayembara yang akan dilakukan oleh Ande-Ande Lumut, maka Sang Ibu dan saudari Tiri ingin berpartisipasi tanpa memperbolehkan Klenting Kuning untuk ikut bersama mereka.

Perjalanan menuju tempat sayembara tidaklah mudah, sungai sangat besar dan lebar haruslah mereka lewati. Nah, bagaimana cara Sang Ibu beserta saudari tiri Klenting Kuning dapat menyeberang? Apakah Klenting Kuning dapat menyusul Ibu dan saudara tiri untuk bertemu dengan Ande-Ande Lumut?

Dimeriahkan juga tari-tarian tradisional daerah :

  • Tari Merak
  • Tari Kayau
  • Tari Gaba-Gaba
  • Tari Remo
  • Tari Genjring
  • Angklung
  • Vocal Group

 

DSC_0214 (Copy)

DSC_0369 (Copy)

DSC_0546 (Copy)

DSC_0514 (Copy)

DSC_0218 (Copy)

DSC_0553 (Copy)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saksikan secara lengkap di link youtube channel PPI-Tainan.

https://www.youtube.com/watch?v=guhIgVaccX4

Poster copy

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website